espvoip

Informasi Teknologi dan Komputer Terkini Tercepat

Robot Tahan Api yang Dapat Memetakan Gedung Terbakar dan Memprediksi Ledakan

Robot tahan api yang dapat memetakan gedung terbakar dan memprediksi ledakan

Dalam perkembangan bola online yang disambut oleh petugas pemadam kebakaran, sekelompok peneliti Eropa telah mengembangkan robot yang dapat memasuki bangunan yang menyala untuk memetakan medan dan mengukur risiko ledakan. “SmokeBot”, masih dalam pengembangan, dirancang untuk pergi ke tempat yang tidak aman bagi manusia, dilengkapi dengan sensor gas, radar, pemindai laser, dan kamera termal, menyampaikan data secara real time kembali ke operasi. Saat ini, tidak ada robot dengan kombinasi fitur ini.

Serta “melihat” tanpa menggunakan spektrum cahaya tampak, Data yang dikumpulkan oleh bot dikirim ke operator manusia melalui koneksi internet. Jika robot kehilangan koneksinya, maka secara otomatis akan kembali ke lokasi terakhir di mana ia dapat mengakses internet bola online. Bot dapat menganalisis udara di sekitarnya dan memberikan persentase kerusakan gas yang ada untuk menilai risiko ledakan.

Seorang peneliti kebakaran dan penyelamatan dengan departemen pemadam kebakaran Dortmund, mengatakan robot itu menawarkan “keuntungan yang cukup besar” dalam situasi di mana terlalu berisiko untuk mengirim personil penyelamat atau ketika penyelamat harus mencari melalui area yang luas, seperti juga kasus dengan kebakaran hutan.

Namun, ia menambahkan bahwa kapasitas pemrosesan datanya perlu ditingkatkan. “Pada saat ini, dibutuhkan sekitar 15-30 menit bagi robot untuk mengumpulkan data tentang lokasi kecelakaan, yang berarti bahwa itu belum dapat digunakan dalam upaya penyelamatan yang paling mendesak.

Recent Posts

Tags